Mari terapkan kembali "Budi Pekerti & Kearifan Lokal" - warisan prilaku Nenek Moyang Berbudi Luhur (CH)

Poin Penting

Rabu, 16 Mei 2012

Curug Daun

Dari Pura Parahyangan Agung, kita lanjut ke curug2 di Ciapus. Keluar dari lokasi pura, kita ngikutin angkot 03 lagi. Tp ternyata angkotnya rada jarang, jd modal peta en nanya2 deh. Sekalian mampir warung makan (jrg bgt bo warung makan di sepanjang jalan situ) en nanya2 ke pemilik warungnya disana. Horee, akhirnya sampe jg d.

Kita ke wilayah Curug Nangka. Tp saat itu kita gak ke curug nangkanya krn jalur kesananya berat en letaknya di lembah dibatasi tebing2 en rada bahaya. Jadi kita jalan ke curug Daun dulu yang relatif dekat dan aman. Curugnya sendiri kecil dan tidak begitu tinggi. Banyak org yg mandi2 disini.


Dari Curug Daun kita lanjut ke Curug Kawung. Jarak dari curug daun ke kawung ternyata mayan jauh jg dan trek nya lumayan naek turun, kudu ngelompatin batu, ngelewatin sungai dll. Sampe disana kita bisa melihat curug yg okeh bgt d. Curugnya tinggi sekitar 25 meter dan letaknya di ceruk dikelilingin bukit dan pohon2 kehijauan. Di sekelilingnya ada aliran2 air kecil yg sejuk. Banyak ditemui kera disini, hati2.. mereka kadang mencopet.

Puas di curug Kawung, kita balik keluar. Spt biasa, kl jalan balik kenapa gak seberat berangkatnya ya? Lanjut ke Curug Luhur. Keluar dari wilayah curug nangka, kita tgl ngikutin jalan lurus aja. Jaraknya sekitar 7-8 km dari lokasi curug nangka. Berbeda dgn curug2 lainnya di atas, lokasi curug ini cukup dkt di pinggir jalan. Kita bisa liat plank namanya di sebelah kanan jalan. Dari tempat beli karcis masuk, kita cuma jalan sekitar 150 meteran sampe d di nih curug. Nih curug dah dikelola. Ada fasilitas2 penginapan, ada kolam renang di depannya. Curugnya sendiri tinggi, sekitar 50 meteran. Makanya diberi nama curug Luhur (tinggi). Pemandangan di sini asyik jg. Selain curug yang besarnya dua, ada jg curug2 kecil di parit2nya, kyk curug mini tp alirannya deras jg.

Dari curug Luhur, rencananya sih mo ke GSE. Tp udah kesorean tuh. Akhirnya daripada penasaran, maksa d ke GSE bentaran. Dapet cuma curug Cihurang yg letaknya plg dkt pintu masuk (gak tau tuh pintu masuk dpn or belakang). Curug Cihurang ini jg tinggi dan sungainya besar dan luas, enak buat berenang. Ada rumah2 kecil untuk kamar bilas dan ganti baju bagi yg mau berenang. Duh klo wktnya cukup gw nyebur kali. Sayang dah mulai rada2 gelap jg jd cuma sebentaran disini.

Dah selesai, kita pulang deh. Full jg jadwal kita hari ini, selain pura yg kita kunjungin curug semua. Sampe mabok curug, hehe.. gak ding, gw seneng2 aja koq. Mank Indonesia kaya akan keindahan alam. Di satu tempat yg berdekatan aja bnyk tempat2 yg indah dan menarik spt di Ciapus ini.

Sumber: http://ammyr7.multiply.com/photos/album/130/Curug-curug_di_Ciapus_-_Bogor?&show_interstitial=1&u=%2Fphotos%2Falbum#